Kesbangpol Jabar Ingin Muat Pendidikan Politik ke Mata Pelajaran Sekolah, Ubah Stigma Negatif

Politik masih dinilai hal tabu dan menakutkan di mata masyarakat. Kurangnya pendidikan politik membuat pandangan negatif.

Kesbangpol Jabar pun berencana mengedukasi sedari dini soal politik kepada siswa sekolah. Dengan harapan pandangan politik di kaum mudah bisa berubah.

Kepala Kesbangpol Jabar, Iip Hidayat mengatakan, untuk mengubah paradigma soal politik perlu ada wawasan kepada setiap kalangan. Salah satunya kaum muda yang pikirannya bisa lebih terbuka.

“Kami akan kerja sama dengan Disdik untuk memasukan pelajaran politik ini. Bisa di mata pelajaran PKN atau muatan lokal,” ujar Iip di Hotel Harmoni Garut, Rabu, 24 Februari 2021.

Iip mengaku ingin memberikan pemahaman politik santun kepada masyarakat. Dengan kesadaran politik yang terbangun, maka paradigmanya bisa berubah.

Menurutnya, politik santun tersebut jadi kearifan lokal khususnya di Jawa Barat. Ia ingin mengubah kesan jika politik menakutkan.

Santun itu kearifan lokal yang ingin dikembangkan di politik ini. Kita bisa mencari win-win solution,” katanya.

Politik santun, lanjutnya, tak terlepas dari ideologi dan wawasan kebangsaan. Seharusnya semua masyarakat bisa memahami politik dan tak takut untuk turut aktif.

“Di Jabar ini ada falsafah silih asah, silih asuh. Itu yang dinamakan politik santun. Substansi dari pendidikan politik itu ya dari kearifan lokal,” ucapnya.

Dengan pemahaman masyarakat, maka politik yang bisa menghalalkan segara cara bisa dihilangkan. Kaum muda pun bisa berpartisipasi ke dalam politik.

Sumber Berita : https://jurnalgarut.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/pr-331491486/kesbangpol-jabar-ingin-muat-pendidikan-politik-ke-mata-pelajaran-sekolah-ubah-stigma-negatif

Bangkit

Read Previous

Masalah Intoleransi Tinggi, Kesbangpol Jabar Cari Formula Solusi

Read Next

Hubungan Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Nasional

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *